Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi kendala utama kebijakan (73%), diikuti oleh distribusi bantuan pemerintah (17%), pajak (8%), dan akses sertifikasi Halal (8%). Penurunan omzet adalah kendala pasar utama, diikuti perubahan perilaku konsumen (13%), hambatan distribusi (10%), persaingan ketat (7%), kelangkaan bahan baku (7%), dan pemutusan hubungan kemitraan (7%). Keterbatasan pengetahuan dan keahlian teknologi informasi adalah kendala utama dalam pengetahuan (73%), diikuti keterbatasan pengetahuan bisnis (11%), kesulitan inovasi (8%), kurangnya pengetahuan tata kelola keuangan (4%), dan keterbatasan pengetahuan pajak (4%).
Hasil identifikasi menunjukkan bahwa kendala terbesar yang dialami UMKM selama pandemi COVID-19 adalah kendala pasar (39,47%), diikuti oleh kendala pengetahuan (34,21%), kendala kebijakan (15,79%), dan kendala fisik (10,53%). Dalam hal kendala fisik, permodalan adalah yang paling umum (50%), disusul produksi (25%), tenaga kerja (13%), dan infrastruktur (12%).

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi kendala utama kebijakan (73%), diikuti oleh distribusi bantuan pemerintah (17%), pajak (8%), dan akses sertifikasi Halal (8%). Penurunan omzet adalah kendala pasar utama, diikuti perubahan perilaku konsumen (13%), hambatan distribusi (10%), persaingan ketat (7%), kelangkaan bahan baku (7%), dan pemutusan hubungan kemitraan (7%). Keterbatasan pengetahuan dan keahlian teknologi informasi adalah kendala utama dalam pengetahuan (73%), diikuti keterbatasan pengetahuan bisnis (11%), kesulitan inovasi (8%), kurangnya pengetahuan tata kelola keuangan (4%), dan keterbatasan pengetahuan pajak (4%).
0 Komentar